Monday 9 September 2019

Misteri Zodiak ke-13, Ophiuchus


Meski telah dikenal luas dan diketahui hanya berjumlah 12 zodiak, perdebatan mengenai zodiak ke-13 sempat menyebar di tahun 2016 lalu. Adalah NASA, yang disebut-sebut sebagai pihak yang menambah jumlah zodiak sehingga bertambah satu lagi. Penambahan ini mempengaruhi 12 zodiak lain yang telah dikenal lebih dahulu, terutama pada bagian urutan bulan lahirnya.


Menurut NASA, hal yang mendasari penambahan tersebut merujuk pada rasi bintang zaman Babylonia. Bangsa Babylonia disebut-sebut memiliki 13 rasi bintang, tetapi karena mereka mengikuti sistem kalender Masehi, maka kemudian yang dikenal hanya 12 rasi bintang saja. Lalu bagaimana sebenarnya hal ini?


Nama-nama 12 zodiak tentu semuanya sudah tahu dan bahkan hafal di luar kepala, lalu apa nama zodiak ke-13? Zodiak ke-13 dikenal dengan sebutan Ophiuchus. Selidik punya selidik, permasalahan jumlah rasi bintang ini rupanya sudah sempat dibahas pada era 70an, tepatnya ketika seorang bernama Stephen Schmidt menuliskan tentang 14 zodiak, termasuk Ophiuchus dan rasi bintang ke-14 yang disebut Cetus.



Kemudian pada tahun 1995, pembahasan mengenai rasi bintang ke-13 ini kembali mengemuka ketika Walter Berg, seorang ahli astrologi, menuliskan ulasan panjang lebar mengenai Ophiuchus ini dalam bukunya berjudul The 13 Signs of the Zodiac. Dalam buku tersebut dituliskan bahwa Opiuchus ini memiliki lambang berupa seseorang yang membawa ular. Dalam ilmu astronomi disebutkan pemilik zodiak ini merupakan orang yang kreatif, memiliki visi, dan berumur panjang.

Penambahan zodiak ke-13 juga sempat dinyatakan oleh seorang profesor bernama Parke Kunkle yang mengajar di Minneapolis. Profesor tersebut mengatakan bahwa penambahan zodiak terjadi karena sumbu bumi telah bergeser. Pernyataan profesor ini sempat menghebohkan meskipun secara perlahan kemudian isu ini kembali tenggelam.




Lalu, jika memang ada zodiak ke-13, bagaimana dengan urutannya? Urutan 13 zodiak akan menjadi seperti di bawah ini, dengan perubahan-perubahan pada 12 zodiak yang telah dikenal sebelumnya.

Aquarius  : 17 Februari-11 Maret
Pisces    : 12 Maret-18 April
Aries     : 19 April-13 Mei
Taurus    : 14 Mei-21 Juni
Gemini    : 22 Juni-20 Juli
Cancer    : 21 Juli-10 Agustus
Leo       : 11 Agustus-16 September
Virgo     : 17 September-30 Oktober
Libra     : 31 Oktober-23 November
Scorpio   : 24 November-29 November
Ophiuchus : 30 November-17 Desember
Sagitarius: 18 Desember-20 Januari
Capricorn : 21 Januari-16 Februari

Kemudian yang menjadi pertanyaannya, apakah penambahan Ophiucus ini benar?

Ternyata jawabannya adalah TIDAK, alias HOAX. NASA sebelumnya memang mengatakan bahwa rasi bintang bertambah, dimana mereka mengatakan hal tersebut pada tahun 2016 lalu. Pernyataan NASA tersebut bisa ditemukan di situr The Space Place, sebuah situs tentang astronomi khusus untuk anak-anak dimana pada situs tersebut dikatakan bahwa rasi bintang bertambah menjadi 13.

Tetapi kemudian hal tersebut dibantah oleh NASA yang menyebutkan bahwa penambahan rasi bintang tidak mempengaruhi jumlah zodiak yang telah ada karena penambahan rasi bintang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, NASA juga menyebutkan bahwa mereka hanya meneliti tentang astronomi bukan astrologi, karena dua hal tersebut merupakan bidang yang sangat berbeda.



Nah, jadi seperti itulah mengenai Ophiuchus, rasi bintang ke-13 yang sempat diisukan menjadi zodiak ke-13. Semisal Ophiuchus benar-benar ditambahkan ke zodiak yang sudah ada sekarang, apa zodiak kalian sekarang?
loading...

0 comments:

Post a Comment